Layanan Paket Aqiqah Klaten Terbaik No. 1

Jasa Layanan Catering Aqiqah Profesonal Direkomendasikan oleh Warga Klaten Solo Raya dengan Paket Kambing Aqiqah Syar'i, Sehat, Murah dan Berkualitas

Konsultasi

Pencarian

Sayuran untuk MPASI


5 Sayuran untuk Bayi Saat Memulai Mengonsumsi MPASI

Pure Wortel


Saat anak menginjak usia 6 bulan maka ia sudah dapat mengonsumsi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Menurut penuturan dari Annabel Karmel seorang ahli gizi sekaligus penulis buku best seller New Complete Baby and Toddler Meal Planner, yang membahas 200 resep sehat dan cepat untuk bayi. Sebaiknya memberikan sayuran-sayuran terlebih dulu pada bayi saat akan mulai mengonsumsi MPASI.

Hal ini karena, sayuran lebih mudah dicerna, lembut tekturnya, memiliki rasa manis alami serta mudah dipadukan dengan makanan jenis lainnya.

Lalu, apa saja suyuran-sayuran tersebut? Berikut ini kami paparkan 5 sayuran untuk bayi saat memulai mengonsumsi MPASI. Bahan-bahan ini mudah di cari di sekeliling anda, baik di super market, pasar tradisional maupun toko sayur.

Kentang
Sayuran ini banyak mengandung fosfor, serat, vitamin B6, vitamin C serta zat besi. Vitamin B6 berfungsi dalam menjaga saraf bayi. Vitamin C berguna untuk menjaga sisitem kekebalan tubuh. bayi.

Saat membeli pilihlah yang mulus, dan tidak berwarana kehijauan yang menandakan kentang tersebut terpapar oleh sinar matahari yang menyebabkan rasanya pahit.
Sebelum mengolahnya, kentang dicuci, kupas lalu rebus dalam air yang mendidih, atau bisa juga kukus kentang hingga empuk.

Tumbuk kentang hingga menjadi lembut, tambahkan ASI atau air. Untuk mendapatkan pure yang diinginkan anda dapat menyesuaikan jumlah airnya.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal hindari membuat pure dengan food processor karena tekturnya akan menjadi lengket. Anda bias menggunaka alat penumbuk kentang untuk membuatnya.

Labu Kuning
Labu kuning banyak mengandung beta karotena, serat, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin C, natrium, kalium, dan kalsium. Kandungan tersebut dapat mencegah penyakit jantung dan menyembuhkan stroke, radang serta sumber kalori yang rendah gula. Labu ini mempunyai tekstur yang lembut serta rasa manis.

Saat membeli, pastikan labu memili gagang serta tidak lembek.

Sebelum diolah, kupas kulitnya lalu potong ukuran kecil. Rebus ke dalam air yang mendidih atau kukus hingga empuk. Setelah itu, blender dan beri sedikit air rebusannya. Untuk mendapatkan pure yang diinginkan anda dapat menyesuaikan jumlah airnya.

Labu Madu
Labu Madu (butternut squash) mempunyai tekstur daging yang sama dengan labu kuning, yang membedakannya yaitu bentuk buahnya oval. Mengandung vitamin B6, vitamin C, potasium, serta serat yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Sebelum diolah, kupas labu dan potong ukuran kecil, lalu rebus ke dalam air yang mendidih atau bisa mengukusnya hingga lembut. Setelah itu blender dan beri sedikit air bekas rebusannya. Untuk mendapatkan pure yang diinginkan anda dapat menyesuaikan jumlah airnya.

Ubi Jalar
Ubi ini mempunyai banyak jenis warna antara lain putih, ungu dan kuning. Warna putih banyak mengandung beta karatena, folat, serat, kalsium dan vitamin A yang dibutuhkan oleh bayi serta umbi ini mempunyai rasa yang manis.

Saat membeli pilihlah yang mulus dan tidak berserabut, yang merupakan tanda ubi tersebut terlalu tua. Selain itu perhatikan juga bobotnya, karena ubi yang berat menandakan banyak mengandung air. Pilih yang ringan yang sedikit mengandung air.

Sebelum diolah, ubi dicuci lalu rebus ke dalam air yang mendidih atau mengukusnya hingga empuk. Setelah matang, kupas ubi kemudian blender dan berikan sedikit air bekas rebusan. Untuk mendapatkan pure yang diinginkan anda dapat menyesuaikan jumlah airnya.

Wortel
Sayuran yang kaya dengan beta karotena, vitamin A yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan mata, kulit serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sayuran jingga ini sangat mudah untuk dipadukan dengan makanan jenis lainnya.

Saat membeli sebaiknya anda memilih yang warnannya gelap dikarenkan kandungan beta karotenanya lebih banyak.

Sebelum diolah, wortel dikupas, cuci lalu potong ukuran kecil. Setelah itu masukkan kedalam air yang mendidih. Atau anda bisa juga mengukusnya hingga empuk. Lalu blender dengan air bekas rebusan. Untuk mendapatkan pure yang diinginkan anda dapat menyesuaikan jumlah airnya.

Itulah tadi informasi tentang 5 sayuran untuk bayi saat memulai mengonsumsi MPASI, semoga bermanfaat.

 Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Klaten Al Kautsar. Aqiqah Klaten Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas.

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru Hubungi Kami Aqiqah Klaten Al Kautsar.. 

Ikuti Instagram kami @aqiqahalkautsar  


0 Komentar untuk "Sayuran untuk MPASI"

Back To Top