Layanan Paket Aqiqah Terbaik No. 1 di Klaten

Jasa Layanan Catering Aqiqah Profesonal Direkomendasikan oleh Warga Klaten Solo Raya dengan Paket Kambing Aqiqah Syar'i, Sehat, Murah dan Berkualitas

Pentingnya Zakat Firah


Pentingnya Zakat Firah


Pentingnya zakat fitrah


Sebentar lagi atau beberapa hari lagi Bulan Ramadhan akan segera berakhir. Selain kita diwajibkan berpuasa di bulan ini ada beberapa amalan/ibadah lagi salah satunya yaitu zakat fitrah yang dilaksanakan di penghujung bulan. Berikut ini kami paparkan informasi tentang Pentingnya Zakat Fitrah.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih.
(HR. Bukhari dan Muslim).

Pengertian Zakat Fitrah
Zakat Fitrah yaitu zakat yang wajib dilaksanakan seorang muslim yang telah memiliki
kemampuan untuk melaksanakannya. Dilakukan setahun sekali menjelang Idul Fitri berupa
makanan pokok sehari-hari seperti beras, jagung, sagu, kurma, dan sebagainnya.


Hukum Zakat Fitrah
Hukum dari zakat fitrah adalah wajib dilaksanakan oleh setiap muslim bagi yang mampu.

Besar Zakat
Ukuran dari zakat fitrah yang dikeluarkan yaitu sebesar satu sha’ atau sama dengan 2,5 kilogram beras, jagung, sagu, gandum, kurma, dan sebagainya yang disesuaikan pada konsumsi per-orangan sehari-hari. Kalau kita nominalkan dalam uang sekitar Rp 25.000,00 tergantung harga rata-rata bahan pokok.
Hal ini berdasarkan pada hadits sahih riwayat Imam Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasa’i dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah telah mewajibkan membayar zakat fitrah satu sha’ kurma atau sha’ gandum kepada hamba sahaya, orang yang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa dari kaum muslim.

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah
Zakat fitrah bisa disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat terpercaya di Indonesia ataupun pengurus zakat dimana anda bertempat tinggal. Zakat fitrah dapat dikeluarkan di hari-hari terakhir bulan suci ramadhan maksimal sebelum waktu sholat idul fitri.

Sebagaimana hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam:
“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Niat Zakat Fitrah
"Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa 'an jami'i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a'an far dzolillahi ta'ala".
Artinya : " Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari'at, fardhu karena Allah ta'ala."

Penerima Zakat
Penerima Zakat secara umum ditetapkan dalam 8 golongan/asnaf:
1.      Fakir
2.      Miskin
3.      Amil
4.      Muallaf
5.      Hamba Sahaya
6.      Gharimin
7.      Fisabilillah
8.      Ibnu sabil
Dengan urutan priritas utama mulai dari fakir hingga ibnu sabil.

Hikmah Zakat Fitrah
1.     Sebagai zakat diri atas nikmat yang diberikan Allah SWT.
2.     Ladang pahala untuk orang yang mampu kepada orang yang membutuhkan.
3.     Tanda rasa syukur setelah berpuasa dan nikmat bulan Ramadhan.
4.     Hikmah lainnya yaitu sebagaimana yang terkandung dalam hadits Ibnu Abbas radhiAllahu 'anhuma di atas, yaitu puasa merupakan pembersih bagi yang melakukannya dari kesia-siaan dan perkataan buruk, demikian pula sebagai salah satu sarana pemberian makan kepada fakir miskin.

Itulah tadi beberapa informasi tentang Pentingnya Zakat Fitrah, semoga bermanfaat. Aqiqah Klaten Al Kautsar mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Taqabballallahu minna wa minkum, shiamana wa shiamakum. Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idul Fitri.


Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Klaten Al Kautsar. Aqiqah Klaten Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas.

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru Hubungi Kami Aqiqah Klaten Al Kautsar.. 

Ikuti Instagram kami @aqiqahalkautsar  


Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Pentingnya Zakat Firah"

Back To Top