Layanan Paket Aqiqah Terbaik No. 1 di Klaten

Jasa Layanan Catering Aqiqah Profesonal Direkomendasikan oleh Warga Klaten Solo Raya dengan Paket Kambing Aqiqah Syar'i, Sehat, Murah dan Berkualitas

Konsultasi

Pencarian

Keutamaan Bulan Syawal

8 Keutamaan Bulan Syawal


8 Keutamaan Bulan Syawal



Bulan Syawal adalah bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriyah dan penanggalan Jawa. Pada tanggal 1 dirayakan Hari Raya Idul Fitri. Merupakan bulan kemenangan serta peningkatan iman dan taqwa umat islam. Terdapat banyak hikmah dan keutamaan yang terkandung pada bulan ini. Berikut kami paparkan informasi tentang 8 Keutamaan Bulan Syawal.


1. Bulan Takbir 

Pada tanggal 1 Syawal seluruh umat islam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Saat malam menjelang tanggal 1, maka takbir dikumandangkan oleh seluruh umat islam atau biasa disebut dengan malam takbiran. Mengumandangkan takbir sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan ibadah ramadhan selama sebulan penuh.


2. Bulan Keceriaan

Syawal merupakan bulan yang penuh keceriaan. Hal ini tergambar pada penyambutan bulan syawal yang penuh kegembiraan. Bahkan di Indonesia ada tradisi menggunakan atau memakai hal-hal yang serba baru seperti pakain baru, sepatu baru, sandal baru, jam baru, perabot rumah tangga baru dan lain sebagainya. Pada bulan ini umat islam saling bermaaf-maafan, bersuka cita, bersalaman, berpelukan serta silaturahmi antar kerabat dengan bahagia.


3. Bulan Fitrah

Bulan dimana umat islam kembali pada fitrahnya. Pada bulan ramadhan hati dan jiwa dibersihkan dan disucikan dari dosa dengan berbagai ibadah ramadhan. Maka, saat tiba bulan syawal hati dan jiwa kembali bersih dan suci kembali ibarat bayi yang baru lahir.


4. Bulan Pembuktian Iman dan Taqwa

Bulan syawal juga disebut bulan pembuktian. Hal ini karena saat di bulan ramadhan kita melakukan ibadah dengan sungguh. Apakah setelah dibulan Ramadhan masih konsisten ataukah tidak. Setidaknya di bulan syawal ibadah kita stabil dan tidak menurun dan sebaiknya ditingkatkan. Karena di bulan ini juga tak kalah mulia dengan bulan Ramadhan.


5. Bulan Peningkatan
Keistimewaan bulan syawal yang utama yaitu bulan peningkatan. Setelah melaksanakan berbagai ibadah di bulan suci ramadhan. Maka di bulan syawal adalah tolak ukur keimanan dan ketaqwaan seseorang. Apakah iman dan taqwanya meningkat atau kah malah menurun. Sehingga iman dan taqwa di bulan syawal haruslah ditingkatkan. Menjadi diri yang lebih baik lagi.


6. Bulan Silaturahmi

Pada bulan ini umat islam banyak melakukan amaliah silaturahmi. Orang yang merantau akan mudik ke kampung halamannya. Bertemu saudara, tetangga, dan teman untuk menjalin ukhuwah islamiah halal bihalal. Merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama saling maaf-memaafkan, tegur sapa temu kangen dan sebagainya.


7. Bulan Nikah

Telah menjadi budaya masyarakat sekarang melaksanakan pernikahan pada bulan syawal. Hal ini mengikuti sunnah nabi. Sesuai hadis berikut,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?”
(Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

Sebab Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassalam menikahi ‘Aisyah di bulan Syawal adalah untuk menepis anggapan bahwa menikah di bulan Syawal adalah kesialan dan tidak membawa berkah. Ini adalah keyakinan dan aqidah Arab Jahiliyah. Ini tidak benar, karena yang menentukan beruntung atau rugi hanya Allah Ta’ala.


8. Bulan Puasa Satu Tahun

Setelah berpuasa penuh di bulan Ramadhan dan menambah puasa 6 hari di bulan syawal maka kita seperti puasa setahun penuh. Hal sesuai hadis berikut,

“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh”
(H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).
Sungguh besar keistimewaan bulan syawal ini, dengan menambah puasa 6 hari setelah puasa ramadhan maka disamakan telah berpuasa setahun penuh. Mari pergunakan momen ini untuk menambah iman dan taqwa kita.

Itulah tadi informasi tentang 8 Keutamaan Bulan Syawal. Semoga bermanfaat bisa menambah ilmu dan pengetahuan kita. Aamiin. 

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Klaten Al Kautsar. Aqiqah Klaten Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas.

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru Hubungi Kami Aqiqah Klaten Al Kautsar.. 

Ikuti Instagram kami @aqiqahalkautsar  


Tag : Artikel, Ibadah
0 Komentar untuk "Keutamaan Bulan Syawal"

Back To Top