Layanan Paket Aqiqah Terbaik No. 1 di Klaten

Jasa Layanan Catering Aqiqah Profesonal Direkomendasikan oleh Warga Klaten Solo Raya dengan Paket Kambing Aqiqah Syar'i, Sehat, Murah dan Berkualitas

Konsultasi

Pencarian

10 Cara Tepat Mengasuh Bayi


10 Cara Tepat Mengasuh Bayi


10 Cara Tepat Mengasuh Bayi

Kehadiran sang buah hati pastilah membawa suasana baru bagi rumah tangga. Mulai dari anggota keluarga menjadi bertambah dan suasana menjadi ramai yang membawa keceriaan dan kebahagiaan keluarga. Untuk itu perlulah Cara Tepat Mengasuh Bayi agar tumbuh kembangnya lancar dan sehat. Tubuh bayi sangatlah rentan terhadap berbagai masalah. Hal yang terlihat sederhana saja dapat menimbulkan masalah yang serius pada kesehatan bayi. Kesalahan kecil saja dapat berdampak bagi sang buah hati. Untuk itu perlu lah cara asuh yang tepat. Berikut kami paparkan informasi tentang 10 Cara Tepat Mengasuh Bayi.


1. Jangan Sepelekan Masalah Kesehatan
Kesehatan sangatlah penting bagi bayi karena sistem kekebalan tubuhnya pastilah belum stabil. Saat anda melihat ada gejala yang tak biasa pada buah hati, segera konsultasikan ke dokter atau pada ahlinya. Jangan mencoba-coba atau berspekulasi sendiri bagaimana cara menyembuhkannya. Karena lebih baik memilih cara aman dari pada menyesal atas tindakan salah yang dilakukan.

2. Jangan Mengendarai Sepeda Motor Bersama Bayi
Sering kali masyarakat mengajak bayi mereka berkendara, padahal hal ini tidaklah aman. Saat berkendara terdapat banyak polusi mulai dari polusi udara, suara, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi kesehatan sang buah hati. Tubuh bayi sangatlah riskan terhadap lingkungan terlebih di jalan. Bahkan apabila berkendara dengan banyak goncangan dapat mempengaruhinya. Maka dari itu, sebaiknya tidak mengajak sang buah mengendarai sepeda motor.

3. Buka Jendela untuk Menjaga Udara Selalu Segar
Ruangan yang tertutup memang bagus karena lebih bersih dan aman, akan tetapi jika terus-menerus beraktivitas dalam ruang tersebut dapat menurunkan anti bodi sang buah hati. Ia akan riskan terganggu kesehatannya jika beraktivitas di luar ruangan. Untuk itu tempatkan ia dalam ruangan yang mempunyai jendela. Bukalah jendelanya agar udara segar masuk kedalam ruangan mengantikan udara yang di dalam. Selain itu membuka jendela dapat memberikan celah sinar matahari masuk kedalam ruangan. Sinar matahari pagi sangat dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan tulangnya.

4. Gendonglah Bayi dengan Cara Yang Tepat
Mengendong bayi tidak boleh asal-asalan apalagi ceroboh. Struktur bayi masih sangat lunak. Untuk itu gendonglah bayi pada posisi yang tepat. Pastikan kepala dan leher tersangga dengan baik. Hindari anak-anak atau orang yang kurang berpengalaman mengendong buah hati anda. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Saat dirasa tubuh bayi sudah aman untuk digendong orang atau sudah berusia beberapa bulan baru diperbolehkan ia mengendongnya.

Baca Juga: Harga Aqiqah Klaten Syar'i, Murah dan Berkualitas

5. Buatlah Rumah Anda Nyaman untuk Si Buah Hati
Lingkungan sangatlah penting sebagai faktor pendukung tumbuh kembang bayi. Buatlah ruangan yang nyaman dan aman. Saat ia telah mulai belajar merangkak dan berjalan maka amankan barang-barang berbahaya dari jangkauannya. Simpan barang-barang seperti kunci, handphone, laptop, alat rumah tangga dan lain sebagainya yang berbahaya untuk bayi. Jauhkan dari stop kontak listrik maupun barang-barang yang beraliran listrik.

6. Jangan Meninggalkan Bayi Sendirian
Kita tak pernah tahu apa yang dilakukan bayi saat tidak ada pengawasan. Waktu yang sesaat pun dapat menyebabkan bahaya pada sang buah hati. Bayi sangatlah rentan terhadap bahaya yang kadang kita tidak sadari. Maka dari itu janganlah sekali-kali meninggalkan bayi sendirian. Jika anda sedang melakukan pekerjaan yang terpaksa meninggalkan sang buah hati mintalah sesorang untuk menjaga dan mengawasinya.

7. Jangan Mengabaikan Tangisan Bayi
Bayi seringkali mudah menangis. Untuk itu ketahuilah penyebab dari tangisannya itu. Apakah karena lapar, sakit, buang air kecil, buang air besar ataukah gangguan luar seperti digigit nyamuk atau yang lainnya. Maka dari itu janganlah mengabaikan tangisan bayi terlebih jika anda merasa tangisannya tidak seperti biasannya. Coba amati dan konsultasikan ke ahli kesehatan untuk penanganannya. Mungkin itu bukanlah masalah serius akan tetapi lebih baik memastikannya supaya aman.

Baca Juga5 Sayuran untuk Bayi Saat Memulai Mengonsumsi MPASI

8. Amati Ekspresi Wajah Bayi
Bayi memanglah belum bisa berbicara, akan tetapi ia tetap mempu mengepresikan diri lewat wajahnya. Amati perubahan wajahnya dan berikan respon yang cepat kepadanya, karena hal itu dapat mempererat bonding antara orang tua dan bayi. Apakah ada ekspresi yang tidak biasa, amati dan cari penyebab serta solusinya. Mungkin saja itu karena ia tak nyaman atau karena sebab yang lain.

9. Jangan Bertengkar di depan Bayi
Jangan pernah memperlihatkan pertengkaran orang tua di depan sang buah hati. Karena bayi sangatlah sensitif dan peka. Hormon kortisol atau hormon penyebab stress serta tekanan darah bayi bias saja meningkat. Hal itu dapat mempengaruhi kesehatan serta tumbuh kembangnya. Selain itu dapat juga menganggu pola tidur buah hati dan menjadikannya mudah rewel.

10. Jangan Menakuti Si Buah Hati
Masyarakat umum sering kali membuat anak patuh dengan menakut-nakutinya. Padahal cara ini bukanlah hal yang tepat. Saat anak tumbuh maka ia akan melihat kenyataan dan apa yang ia dengar dari orang tua itu berbeda. Hal ini dapat membuat ketidakpercayaan terhadap perkataan orang tua. Alih-alih ingin membuatnya patuh malah membuatnya membangkang. Sebaiknya jika ingin ia melakukan yang kita ucapakan, berikanlah alasan kenapa hal itu dilakukan. Dan berikanlah beberapa pilihan agar ia tidak terkesan dipaksa.

Itulah tadi beberapa informasi tentang 10 Cara Tepat Mengasuh Bayi semoga bermanfaat.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Klaten Al Kautsar. Aqiqah Klaten Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas.


Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru Hubungi Kami Aqiqah Klaten Al Kautsar.. 

Ikuti Instagram kami @aqiqahalkautsar  


0 Komentar untuk "10 Cara Tepat Mengasuh Bayi"

Back To Top